-->
Home » , » Contoh Laporan Internal Audit - Opini Keseluruhan (Overall Opinion)

Contoh Laporan Internal Audit - Opini Keseluruhan (Overall Opinion)

Written By Yulias Sihombing on Monday, May 23, 2016 | 5:47 PM

Overall Opinion:
Rating atau simpulan oleh CAE, terkait, pada level keseluruhan, proses tatakelola, manajemen risiko, dan/atau pengendalian dari organisasi. Suatu overall opinion merupakan pendapat profesional dari CAE berdasarkan hasil-hasil dari beberapa penugasan individu internal ataupun eksternal, dan aktivitas lainnya, untuk periode waktu tertentu. Lihat gambar 1 di bawah.

Laporan Overall Opinion biasanya diterbitkan untuk suatu periode yang tercakup dalam Rencana Audit. Dalam prakteknya, penerbitan laporan overall opinion tergantung kebutuhan dari Manajemen atau Komisaris. Di USA, hanya sedikit CAE yang menerbitkan Laporan Overall Opinion dengan pertimbangan kesulitan dalam menentukan dasar dan mengukur overall opinion.
Posting kali ini mencoba untuk menyajikan template laporan overall opinion oleh CAE, sebagaimana yang ada di dalam IIA Practical Guide. Untuk contoh praktik riil laporan overall opinion dapat lihat Laporan Internal Audit Canadian Internal Development Agency dan Laporan Internal Audit Manchester City Council 
Gambar 1: Overall Opinion
Gambar 1: Overall Opinion

Contoh: Opini Tingkat Makro

Catatan: Adalah perlu untuk memiliki metodologi dan proses untuk evaluasi hasil kumulatif dari beberapa penugasan audit dan temuan audit di tingkat mikro, untuk menyimpulkan opini tingkat makro tersebut.

Judul Laporan

Kepada    : Pimpinan, Komite Audit
Dari        : Kepala Audit Internal
Judul        : Internal audit atas (sebutkan objek atau entitas audit klien)
Untuk Periode yang Berakhir ___

Tujuan Audit

Kami telah menyelesaikan Rencana Audit Internal (sebutkan objek atau entitas klien). Tujuan dari penugasan ini adalah untuk (sebutkan tujuan umum audit).

Lingkup Audit

Rencana Audit Internal disusun dengan mempertimbangkan (sebutkan faktor utama pendorong disusunnya Rencana). Audit internal dilaksanakan berdasarkan International Standards for the Professional Practice of Internal Auditing.
Audit internal telah melakukan pengujian (uraikan apa yang telah diuji; misalkan kerangka pengendalian manajemen, strategi penilaian risiko, kebijakan dan praktik, informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan, pelaporan yang masuk lingkup pengujian, dll). Lingkup audit termasuk (sebutkan lingkup audit):
a.    ...
b.    ...
Lebih lanjut, pengujian mencakup aktifitas yang telah terjadi selama periode  audit (periode yang dicakup dalam pengujian). Kriteria yang digunakan untuk menilai entitas adalah (sebutkan kriteria dan sumbernya). Kriteria telah didiskusikan dan disepakati bersama dengan manajemen (sebutkan siapa) sebelum pelaksanaan prosedur detail audit.

Simpulan Audit

Kami menyimpulkan bahwa (masukan opini positif / grade untuk setiap tujuan). Opini keseluruhan kami terhadap XXX adalah memuaskan atau tidak memuaskan (berdasarkan opini keseluruhan terhadap entitas melalui evaluasi opini-opini hasil audit-audit individu/ tingkat mikro).

Pernyataan Penjaminan/Assurans

Dalam penilaian profesional saya sebagai (jabatan), prosedur audit yang cukup dan memadai telah dilakukan dan bukti telah diperoleh untuk mendukung akurasi dari simpulan yang diperoleh dan disajikan dalam laporan ini. Simpulan berdasarkan pada suatu perbandingan dari situasi yang ada pada saat audit, terhadap kriteria audit. Simpulan hanya berlaku untuk entitas yang diuji. Bukti yang dikumpulkan telah memenuhi standar audit profesional dan memadai untuk memberikan manajemen senior suatu simpulan yang kuat yang dihasilkan dari audit internal.

Jabatan
Tanda Tangan

Nama

Sumber:
IPPF - Practice Guide
Formulating and Expressing Internal Audit Opinions
The IIA
March, 2009
Share this article :

1 comments:

  1. Terimakasih sudah berbagi pak. GBU.

    ReplyDelete

Total Pageviews

  • Posts
  • Comments
  • Pageviews



 
Support : IIA Website | CPA Room | Your Link
Copyright © 2015. Internal Auditor's Corner - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger